GENERAL FAQ

Saya penasaran tentang Kursus 3D / Animasi, apa yah itu?

Pernahkah anda nonton film-film box office seperti iron man / transformers, main game mobile legend, fortnite atau PS4?  Melihat iklan di TV dengan visual produk yang sangat jelas dan banyak? Semua itu di kerjakan di komputer menggunakan software 3D.

Lalu kenapa ada tulisan animasi nya?

3D Animasi itu sendiri sebenarnya adalah pergerakan object 3D tersebut, sedangkan dalam 3D ada dua bagian, yaitu pembuatan object (Modeling) dan pergerakan object (Animasi). Awamnya, masyarakat lebih mengenal atau menyukai kata “Animasi” karena Animasi sendiri adalah kata umum luas. Semua pergerakan dalam bentuk 2D juga termasuk Animasi, contoh nya whatsapp sticker yang bergerak-gerak. 

Modeling 3D ataupun Animasi 3D di ESDA menggunakan software standard Industri yaitu Autodesk dengan versi terbaru 2020. Tehnik Modeling / Animasi 3D jauh lebih complex daripada melakukan animasi dalam bentuk 2D, karena itu ESDA membuat program pembelajaran yang sudah di rancang dengan sangat baik, sehingga semua orang segala umur dapat mengikuti nya dengan mudah.

Seberapa penting belajar 3D di banding belajar skill lain nya?

3D sudah memasuki semua aspek kehidupan manusia. Hampir semua industri memerlukan pekerja 3D. Industri Perfilman, Game, Automotive, Elektronik, Mesin, Engineering, Kedokteran dan masih banyak lagi. Dengan mempunyai bekal skill 3D, maka karir dan masa depan seseorang akan jauh lebih terjamin. Gaji pemula Animator dan Modeler di luar negeri bisa mencapai 60 juta per bulan nya.  

  • Industri Elektronik:

Sebelum Apple ataupun Samsung mengeluarkan produk terbaru nya, semua produk tersebut di design dan di rancang dalam bentuk 3D.

  • Industri Game:

Tahun 1985, Game 2D Mario Bros di buat dibawah 10 orang dalam jangka waktu kurang lebih 1 tahun. Tahun 2014-2016, salah satu game PS4 dalam bentuk 3D, di buat oleh kurang lebih 500 orang yang terdiri dari modeler dan animator. Game tersebut dikerjakan kurang lebih tiga sampai 4 tahun. Total Omzet Industri Game juga lebih besar dari Industri Film dan Musik digabung.  10 Game terbesar di App store maupun Play Store adalah game 3D.

  • Industri Kedokteran:

Presentasi, Simulasi Bedah, Penawaran Tools dan mesin bedah, bahkan jantung manusia, semua di buat dalam bentuk 3D.

  • Industri Consumer Goods:

Jaman sekarang, sudah tidak heran jika seorang anak berumur tujuh tahun dapat mengeprint gantungan kunci nya sendiri menggunakan 3D Printer. Di Luar Negeri, sudah banyak rumah yang di bangun dengan 3D Printer skala besar.

  • Industri Perfilman:

Jika di lihat top 10 box office sepanjang masa dengan omzet terbesar adalah film 3D. Tahukah anda, seluruh kota yang di hancurkan dalam film-film hollywood itu adalah 3D, bukan kota asli dan bukan sekedar side efek dari gedung asli, semua nya adalah 3D.

Film Transformers pertama di kerjakan lebih dari 1000 pekerja  yang terdiri dari animator dan modeler selama 2 tahun lebih.

  • DUNIA DIGITAL METAVERSE (Silahkan baca FAQ di bawah untuk lebih jelas nya)

Kenapa harus Kursus 3D di ESDA di banding tempat lain nya?

ESDA adalah Kursus 3D pertama di Indonesia yang di dirikan oleh Andre Surya, 3D Artist International yang telah terlibat dalam pembuatan film-film hollywood. IMDB.

Kurikulum ESDA di rancang sesuai standard kurikulum Industri kerja dan yang terbaik di Indonesia. Perbandingan mudah nya, untuk melihat seberapa bagus suatu kurikulum dalam suatu lembaga pendidikan, bisa di lihat dari hasil karya murid yang sudah kursus ataupun lulus dari lembaga tersebut. Semua hasil karya murid terbaik ESDA bisa di lihat di IG ESDA Pusat kami.

ESDA juga satu-satu nya kursus di Indonesia yang memberikan Jaminan Kerja, salah satu bukti nyata kurikulum ESDA di akui oleh standard industri 3D di Indonesia dan di luar negeri.

ESDA juga sudah terdaftar resmi sebagai Autodesk Certified Testing Center, mempunyai lisensi original Autodesk Education. Terdaftar sebagai sekolah yang mempunyai standard kurikulum international Zbrush. Selain itu, ESDA adalah lembaga resmi yang terdaftar di Kementrian Pendidikan.

Apakah dalam masa pandemi ini, bisa belajar secara online dari rumah?

ESDA telah menerapkan sistem hybird e-learning sejak 2016, di mana semua murid belajar secara online di ESDA menggunakan komputer dan remote learning sehingga setiap murid berjarak jauh dengan murid ataupun guru.

ESDA juga menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yang sangat ketat.

Murid ESDA bisa belajar secara online dari rumah dengan bimbingan tradisional guru, tapi untuk dapat mengakses kurikulum penuh ESDA harus secara offline karena software 3D cukup kompleks dan jika di lakukan secara online dari rumah, hasil nya tidak akan maksimal. 

METAVERSE FAQ

Apakah ada Coding dalam 3D?

Coding adalah proses menyusun instruksi rangkaian rumus ataupun kalimat program untuk membuat suatu aplikasi. Pada 3D Modeling ataupun 3D Animasi basic, tidak memerlukan coding sama sekali. 

Coding hanya di pakai dalam kelas advanced animasi pada proses rigging supaya alur animasi bisa kelihatan lebih halus dengan menggunakan bahasa program seperti di bawah ini:

var shapes = [
{
name: ‘base’,
origin: [130, 350],
fill: color(225, 230, 235),
stroke: color(200, 200, 200),
vertices: [[66,350],[194,350],[190,335],[138,335],[138,320],[122,320],[122,335],[70,335]]

Di masa depan, mana lebih di butuhkan, 3D atau coding?

Kedua nya sangat penting dan dibutuhkan, konten 3D akan menjadi kebutuhan umum dan peningkatan tekhnologi komputerisasi selalu bergantung pada coding. Ilmu teknologi saat ini juga sudah banyak yang menggunakan 3D di industri masing-masing. Anda atau ayah-bunda harus menentukan passion anda / anak anda, apakah lebih menyukai dunia design visualisasi atau dunia bahasa program komputer. 

Pekerja coding atau 3D Artist yang lebih banyak dibutuhkan di masa depan?

Di masa depan, atau di dunia digital METAVERSE, bisa di bilang 3D Artist akan lebih di butuhkan. Hal ini adalah karena pekerja coding adalah sebagai fundamental yang mengatur sistem di awal, sedangkan untuk kebutuhan konten 3D akan selalu bertambah terus dengan seiring nya waktu. 

 

Contoh nya seperti ini:

UNI QLO mau membuka toko digital nya di METAVERSE, di panggil lah 20 team programmer untuk melakukan setting awal, interaksi toko dan pembeli, sistem pembayaran, dll. Setelah itu mereka hanya akan membutuhkan 2 orang team programmer / coding untuk maintenance toko digital.

Lalu utk baju-baju digital yang di jual mereka akan hire 20 team 3D designer, ketika baju digital ini laku, mereka akan menambah lebih banyak team 3D designer lagi untuk melakukan lebih banyak design baju, celana, jacket, topi, ban pinggang, tas, jam tangan, dan lain-lain sehingga team designer mereka meningkat menjadi 100 orang atau lebih.

 

Contoh di atas baru 1 toko merk baju saja, bisa di bayangkan betapa banyak nya konten 3D Artist yang di butuhkan untuk dunia METAVERSE.

Apakah jadi 3D Artist lebih menjanjikan dari coder?

Tidak ada jawaban yang pasti mengenai ini, tapi menjadi artist tradisional dan artist digital di masa depan sudah sangat berbeda. NFT di dunia METAVERSE akan merubah segala nya, seorang artist designer 3D dapat dengan mudah nya menjual hasil karya nya, meluncurkan design fashion nya sendiri atau design product nya sendiri di dunia METAVERSE.

Sama hal nya dengan youtube, semua orang sekarang bisa menjadi produser, mereka tidak perlu lagi bergantung pada stasiun TV besar, mereka bisa membuat channel TV sendiri. Hal ini sama dengan 3D Designer di masa depan, mereka bisa menjual karya nya di dunia METAVERSE, menjadi designer terkenal secara instant, seperti YOUTUBER jaman now.

AUTODESK FAQ

Apa yah Autodesk itu?

Autodesk adalah software yang di gunakan untuk membuat 3D di ESDA. Sesuai dengan kebutuhan industri, Autodesk adalah software yang paling banyak di gunakan di dunia kerja. Di ESDA, sejak tahun 2019, kami sudah mengajarkan murid memakai Autodesk versi terbaru yaitu Autodesk 2020 – 2021. ESDA juga sudah menjadi Certified Autodesk Testing Center loh, untuk lebih jelasnya, bisa click disini yah.

Saya pernah belajar versi Autodesk lama, apakah harus belajar ulang di ESDA tiap ada versi baru?

Tidak harus jika kamu sudah bisa belajar sendiri secara mandiri, tapi jika belum, kamu sebaiknya mempelajari perbedaan dan menyesuaikan diri ke versi yang lebih baru. (contoh nya windows xp ke windows 11). Untuk pembelajaran pada versi baru pun akan sangat memberikan dampak yang lebih baik, efisien dan sesuai kebutuhan industri saat ini.

Dan jangan kuatir, jika kamu murid ESDA sebelum nya yang pernah belajar kurikulum outdated kami (Autodesk 2016) dan kamu berminat untuk belajar versi terbaru di ESDA, kita ada program konversi dengan special discount supaya kamu bisa segera upgrade 🙂

× How can we help you?